TERIMAKASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG SAYA

Rabu, 29 Februari 2012

cara menghilangkan boot xp pada windows 7 part 2

Cara Menghilangkan Dual Boot Pada Windows (XP, Vista, 7)

Jika komputer Anda memiliki lebih dari satu sistem operasi (OS) yang terinstal secara asli di sistem, dan Windows 7 adalah salah satu dari sistem operasi tersebut, saya yakin Anda akan melihat pilihan untuk boot ke sistem operasi lain seperti “Earlier Version Of Windows” pada sistem startup.
Jadi bagaimana jika sistem operasi Windows sebelumnya (tidak peduli apakah itu Windows Vista, XP, 2000 atau bahkan edisi lebih tua) sudah dihapus dari sistem, tetapi karena beberapa masalah boot loader tidak dapat diperbarui? Pada dasarnya Anda melihat pilihan ini setiap kali saat Anda menghidupkan komputer Anda.
Berikut adalah bagaimana cara agar Anda dapat menghapus entri boot loader yang tidak perlu dan boot langsung ke Windows 7.
Pertama-tama Anda harus masuk dulu ke sistem Windows 7.
1. Buka command prompt dengan cara Start >> Run >> CMD >> Enter.
2. Setelah Command Prompt terbuka ketikan bcdedit.

Berikut adalah contohnya. Setiap orang mungkin memiliki hasil yang berbeda ketika anda mengetik perintah. Pada dasarnya semua daftar OS yang telah terdaftar ke Windows Boot Manager. Misalnya, seperti yang Anda lihat, ada entri yang disebut “Legacy Windows OS Loader”, pengenal yang berisi nilai “NTLDR ()”. Dari ini, saya dapat memberitahu Legacy OS Windows Loader digunakan untuk memuat Windows XP pada sistem ini, karena nilai NTLDR adalah default untuk bootloader WinXP.

3. Sekarang ketikan bcdedit /delete {ntldr} /f.

Setelah Anda melihat pesan “The operation completed successfully”, restart komputer Anda. Dan Anda tidak akan melihat opsi boot lagi selama startup berikutnya.
“Bcdedit” adalah utilitas baris perintah yang handal yang dapat mengelola Windows boot loader Anda. Anda tidak hanya dapat membersihkan boot entri yang tidak perlu, tetapi juga dapat membuat entri boot baru secara manual. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menggunakan alat, bcdedit ketikkan /? untuk bantuan. Tapi berhati-hatilah tentang apa yang Anda akan lakukan di utilitas tersebut, karena setiap operasi penghapusan akan sangat sulit untuk meulihkanya


Atau bisa juga menggunakan cara yang lain :

Mungkin di antara kalian ada yang pernah install dua Windows dalam satu komputer. Masing2 Windows kalian taruh di partisi yag berbeda. Trus suatu saat kalian pengen menghapus salah satu Windows. Salah satu caranya adalah dengan menghapus/ memformat partisi hardisk instalan Windows. Nah, beres kan, salah satu Windows udah terhapus.

Tapi permasalahannya tidak sampai di situ aja, ketika kalian pertama kali menghidupkan komputer, pasti akan muncul tampilan dual
boot. Loh, padahal satu Windowsnya udah
dihapus, tapi kok masih muncul tampilan dual boot. Kadang menjengkelkan juga kan, harusnya kita tidak perlu milih Windows mana yang akan kita masukin, eh malah disuruh milih, sedangkan kalo kita pilh Windows yang udah di hapus pasti ga akan bisa.

Di bawah ini ada beberapa cara untuk menghilangkan satu dari dual boot Windows di atas

1. Dual boot Windows XP (XP dengan XP)

* Masuk ke Windows XP
* Di icon My Computer, klik kanan >> Properties >> pilih tab Advance
* Cari Start Up and Recovery, klik Settings >>
* Pada Default operating system klik Edit, maka akan muncul notepad dengan nama boot.ini yang berisi

[boot loader]
timeout=30
default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS=”Microsoft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(1)partition(1)\WINDOWS=”Microsoft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect

* Nah, pada notepad di atas kan terlihat ada dua tulisan multi(0)disk(0)rdisk(1)partition(1)\WINDOWS=”Microsoft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect, hapus salah satu (misal tulisan yang berwarna merah). Tapi ingat, kalian harus tau boot mana yang broken, pilihan boot pertama atau kedua, kalo yang pertama hapus yang di atas, kalo yang kedua hapus yang di bawah
* Restart, dan booting akan kembali normal. Pilihan untuk meload windows sudah hilang.

2. Dual boot Windows Vista atau 7 (XP dengan Vista atau XP dengan 7)

* Masuk ke Windows XP
* Masukkan CD OS Windows Vista/ 7, atau jika kalian ga punya CD nya atau CD ROM lagi rusak, bisa make CD installer Vista/ 7 dalam bentuk file ISO, buka dengan Daemon Tool.
* Klik Start, Run. Ketik e:\boot\bootsect.exe /nt52 ALL /force (ganti drive e: sesuai dengan nama CD / DVD drive kalian).
* Setelah proses selesai, restart komputer kalian dan lihat hasilnya, dual boot udah hilang, langsung masuk ke Windows XP.
* Hapus dua file (Boot.BAK & Bootsect.BAK) yang ada di drive C: \.
Kedua file di atas adalah file cadangan bootloader sebelumnya, sekarang sudah tidak bisa
digunakan lagi.

BAGAIMANA JIKA KALIAN GA PUNYA CD WINDOWS VISTA/ 7 DAN JUGA GA PUNYA FILE ISO NYA?

* Masuk ke Windows XP
* Masukkan CD Windows XP
* Klik Start >> Run >> ketikkan C:windowsbootbootsect /nt52 c:


Selain cara cara di atas ada cara lain yang lebih mudah untuk mengatasi masalah tersebut atau agar lebih mudah melakukan modifkasi (perubahan) konfigurasi boot pada dual OS XP dan Vista atau XP dan Windows 7 atau Windows Vista dan Windows 7, ada sebuah software yang bagus untuk melakukannya. Nama software untuk melakukan perubahan terhadap konfigurasi boot ini ada EasyBCD. EasyBCD mempunyai fitur yang banyak untuk melakukan konfigurasi boot, mulai dari merubah default OS, Bootloader timeout, menghapus salah satu OS dari daftar boot, manjemen bootloader, melakukan diagnosis, dan masih banyak fitur-fitur lainnya. Cara menggunakannya pun saya rasa sangat mudah sekalipun Anda tdak ahli dibidang ini.
Selain itu, EasyBCD juga bisa mengenali partisi Linux. Anda bisa menambahkan OS Linux dalam daftar boot. Saya telah mencoba menambah kan Ubuntu dalam daftar boot tersebut. Biasanya jika kita menggunakan dual boot Windows dan Ubuntu, Windows tidak akan mengenali partisi Ubuntu. Untuk masuk ke desktop ubuntu, kita mesti mengubah urutan boot dari bios. Namun, dengan EasyBCD semuanya jadi mudah.

1 COMMENT:

Anonim mengatakan...

mkasi banget,sangat membantu

Poskan Komentar

jangan lupa tinggalkan pesan yaa

Jika postingan ini bermanfaat silahkan di share atau di copy dengan mencantumkan sumber
Ada kesalahan di dalam gadget ini
>>Baca Juga yang Lainnya :
Template by : kendhin x-template.blogspot.com